Sabtu, 17 Oktober 2015

Pelajari Simulasi Kredit Sebelum Membeli Mobil

Autobild.co.id - Permohohan kredit kendaraan bermotor (KKB) diperkirakan meningkat mulai Agustus. Faktor pemicunya tidak lain ialah terselenggaranya dua pameran otomotif dengan beraneka pilihan mobil baru yang muncul.
Lembaga pembiayaan hadir menjembatani keingingan konsumen untuk memiliki mobil tapi de­ngan opsi mencicil. “Bagi mereka yang mau kredit mobil baru, pertama itu pilihlah mobil sesuai kebutuhan, lembaga pembiayaan yang terpercaya, bunga terbaik dan cara angsuran yang mudah,” buka Punto Nugroho, Deputy Director PT BCA Finance.
Punto menyarankan, agar calon kreditur mempelajari skema simulasi kredit untuk mengukur kemampuan finansialnya. “Cara paling mudah untuk mengerti simulasi kredit bisa mempelajari via website, jadi bisa dihitung besarnya DP dan jangka waktu cicilan. Di BCA Finance jangka waktu kredit bisa sampai 5-6 tahun,” tambah Punto.   
Jika sudah mantap, calon kreditur bisa langsung mengajukan permohonan kredit.  Bagian pokok dari pembayaran pertama terdiri dari 5 bagian. Pertama adalah uang muka (Down Payment/DP), asuransi, administrasi , biaya provisi, dan angsuran pertama.
Punto Nugroho, Deputy Director PT BCA Finance              Simulasi kredit kendaraan bermotor versi online cukup jelas dan mudah dipahami    
“Aturan DP saat ini ikut aturan baru dari pemerintah yaitu 30% dari harga mobil, dan untuk asuransi pastikan sesuai kategori. Jangan sampai asuransi yang dibebankan berbeda dari nilai pertanggungan karena tiap mobil itu grade asuransinya berbeda,” saran Punto.
Kelima komponen utama dalam pembayaran kredit itu perlu dicermati. Namun biaya provisi menjadi poin yang jarang dipahami konsumen.  Biaya Ini adalah dana yang menjadi sumber pendapat­an lembaga pembiayaan, yang diterima dan diakui sebagai pendapatan. Namun harus dipahami, provisi bukanlah komisi.
Pasalnya lembaga pembiayaan yang kredibel bukan bertindak sebagai perantara transaksi sehingga ia seyogianya tidak mengutip komisi.


Nah, inilah yang betul-betul harus dipahami oleh konsumen. Jangan sampai alih-alih membayarkan biaya provisi, tapi nilainya dibuat lebih tinggi dan selisihnya diambil sebagai  komisi untuk pihak-pihak yang bertanggung jawab. Jangan ragu untuk membandingkan biaya antara simulasi kredit yang diterima dari sales person dengan yang ada di website resmi lembaga pembiayaan.
Sikap kritis diperlukan agar Anda memahami detail klausa kredit
Penentuan provisi biasanya berupa persentase dan dikalikan dengan harga mobil yang dibeli. Jumlah ini langsung dikenakan di awal kredit. Penting bagi Anda untuk tahu jika provisi tidak akan dibebankan lagi setelah angsuran kedua.
Sekali lagi utamakan untuk tidak ragu apalagi malu bertanya. Lebih baik Anda kritis bertanya jika ada detail klausa kredit yang mencurigakan, yang ujung-ujungnya hanya akan merugikan Anda. Selamat berburu mobil idaman!
By : Ivan Casagrande Momot





Share this

0 Comment to "Pelajari Simulasi Kredit Sebelum Membeli Mobil"

Posting Komentar